Selasa, 20 Mei 2014

SDN 1 CINTARAJA JUARA LOMBA PERPUSTAKAAN

SDN 1 CINTARAJA JUARA LOMBA PERPUSTAKAAN

SD Negeri 1 Cintaraja yang merupakan SD yang masih satu gugus dengan SDN Sukasirna menjadi satu kebanggaan yang sangat luar biasa bagi sekolah-sekolah di bawah naungan UPTD SD, TK dan PLS Kecamatan Singaparna karena ditetapkan sebagai juara pertama lomba perpustakaan tingkat Kabu­paten Tasikmalaya tahun 2013. SD tersebut berhak menjadi wakil Kabupaten Tasik­malaya pada lomba Perpus­takaan tingkat Provinsi Jawa Barat.
Sekretaris Dinas Pendidikan Kabupaten Tasikmalaya, Ach­mad Juhana mengatakan, lomba perpustakaan dilakukan untuk menggenjot minat baca dikalangan siswa. 
“Diharapkan sekolah tertantang lagi untuk terus menggelorakan minat baca di sekolahnya, termasuk juga melakukan penataan perpustakaan sehingga lebih menarik siswa untuk belajar di perpustakaan,” katanya Selasa (1/10/2013).
Juara kedua, diraih oleh SD Negeri 2 Puteran, Kecamatan Pagerageung. Untuk juara ke 3 diraih oleh SD Negeri 1 Cikalong, Kecamatan Cikalong dan juara ke 4 diraih oleh SD Negeri 3 Cibalong.
Sebelumnya lomba Perpusta­kaan itu dilakukan di masing-masing wilayah, yakni Barat, Utara, Timur dan Selatan.

Juara di masing-masing wilayah tersebut kembali dilombakan untuk dipilih menjadi yang terbaik di tingkat Kabu­paten Tasikmalaya untuk selanjutnya mejadi wakil di tingkat Provinsi.
Ahmad Juhana mengatakan, semua sekolah sudah harus menggelorakan membaca kepada anak didiknya sejak usia SD, sehingga anak-anak lebih mudah mempelajari semua pelajaran. Kata dia membaca menjadi kunci keberhasilan pendidikan.
“Kalau anak-anak sudah gemar membaca, menyampaikan materi pelajaran itu lebih mudah, dan yang paling penting kecerdasan anak-anak bertambah,” katanya.
Ia juga mengharapkan semua sekolah di Kabupaten Tasik­malaya memiliki perpustakaan yang representatif dan dikelola dengan baik. 
Yang paling penting, anak-anak anak bisa lebih betah berada di ruang perpustakaan dan mau membaca. Jadi perpustakaan bisa dimanfaatkan anak-anak untuk belajar selain ruang kelas.
“Kalau semua anak-anak sudah rajin membaca sejak kecil, otomatis minat baca masyarakat Kabupaten Tasik­malaya akan terus meningkat,”.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar